banner 468x60

Pengalaman Boarding dan Check In Tanpa KTP

Tidak ada komentar 237 views
banner 160x600
banner 468x60

Bisakah check in tanpa KTP? Baik saat naik pesawat di Bandara maupun naik kereta api di Stasiun? Bahkan, saat mau masuk hotel?

Seperti apa sih caranya, dan pertanyaannya, bisakah check in tanpa KTP? Dan dalam artikel ini, saya akan bercerita tentang pengalaman saya, naik pesawat tanpa e ktp, dan pengalaman teman saya yang naik pesawat tanpa ktp asli.

Jadi, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan tanpa KTP atau kartu tanda penduduk tersebut. Kalau menurut saya pribadi, check in tanpa KTP itu artinya masuk tanpa menggunakan KTP.

Hal yang sama juga demikian, seperti mau tunjukan boarding pass tanpa KTP kepada petugas bandara, dan boarding pass tanpa KTP kepada petugas stasiun kereta api. Ada banyak hal yang bisa dilakukan.

Bahkan, saat beli tiket kereta api saja tanpa ktp bisa. Kalau tak percaya cek di sini.

Terutama bagi yang selama ini resah seperti ini, eh naik pesawat tanpa e ktp bisa nggak sih? naik pesawat tanpa ktp asli gimana? KTP mati bisa naik pesawat nggak sih? dan naik pesawat pake ktp sementara gimana caranya?

Bermacam-macam pertanyaan yang muncul. Padahal kita tidak harus menggunakan KTP sebagai identitas saat boarding maupun check in.

Kita masih bisa gunakan identitas lain yang sah di mata hukum dan negara yang menjelaskan bahwa itu adalah diri kita.

Jadi seperti ini, bisa saja kita naik pesawat pakai surat kehilangan ktp jika KTP hilang, atau intinya menggunakan pengganti ktp di bandara dan stasiun.

Nah kalau naik pesawat dengan kartu keluarga gimana? Aku sih belum pernah coba, apakah dibolehkan atau tidak. Persoalannya, dalam kartu keluarga tidak ada foto.

Tapi identitas kependudukan juga sudah sangat jelas. Sama seperti di KTP. Jadi untuk menjawab cara naik pesawat menggunakan KK saya belum bisa memastikan.

Kalau pertanyaan muncul lainnya, seperti, apakah ktp mati bisa naik pesawat? Kalau petugas bandara tidak jeli melihat tahun kadaluarsa sebenarnya bisa bisa saja.

Jadi teman pernah naik pesawat pakai ktp mati? Jadi petugas hanya cek kesesuaian nama pada tiket. Jadi tidak detil kepada tahun berapa KTP kadaluarsa.

Bahkan, teman saya juga gunakan KTP yang tidak digunakan lagi, tapi berhubung e KTP nya ketinggalan. Pada prinsipnya adalah nomor identitasnya masih sama.

Karena saat membeli tiket pasti kita ditanyakan soal identitas, baik nama dan lain halnya yang sesuai dengan KTP. Sebab, saat ini kan untuk check in, boarding, maupun naik tanpa e ktp tak ada masalah.

Pengganti KTP Untuk Naik Pesawat, Check In Tanpa KTP

bisakah check in tanpa ktp

cara naik pesawat, kereta, masuk hotel, check in tanpa ktp

Ketika ditanya, apakah bisa naik pesawat tanpa KTP, tentu bisa. Dalam hal ini saya masih memiliki kartu identitas lain yang bisa saya gunakan. Misalkan:

  1. Surat Izin Mengemudi (SIM)
  2. Surat Keterangan Kelurahan atau Kantor Kepala Desa yang menyatakan KTP hilang, dan warga penduduknya.
  3. naik pesawat pakai buku nikah.
  4. Kartu Mahasiswa atau Kartu Pelajar (Bagi yang masih mahasiswa dan pelajar).

Namun, di antara identitas pengganti ktp untuk naik pesawat di atas yang saya gunakan adalah lebih ke SIM. Lebih aman, dan memastikan bisa masuk.

Artinya tidak dipersulit. Begitu juga saat hendak naik kereta, check in tanpa KTP di Kereta sata menggantinya dengan SIM. Begitu juga saat akan menginap di hotel.

Jadi sejak saat melakukan boarding pass, saya sudah menunjukan kartu SIM. Tentu dong, sebagian besar memiliki SIM. Inilah yang saya gunakan saat naik pesawat dari Lampung ke Jogja, Jogja ke Lampung, saya gunakan SIM.

Jadi jika tengah kehilangan KTP, atau lupa dan ketinggalan, bahkan sedang dalam perbaikan, maka kita bisa gunakan SIM sebagai penggantinya.

Atau bahkan, ternyata kita tidak gunakan tiket asli. Jadi tiket atas nama teman, tapi kebetulan kita yang disuruh berangkat. Kalian pinjam saja KTP aslinya. Ini juga pernah dilakukan teman-teman kerja saya.

Jadi sudah tiket dibelikan atas nama pimpinan, dan pimpinannya tidak bisa berangkat, lalu diwakilkan. Maka yang dilakukan adalah meminjam KTPnya untuk bisa boarding dan check in tanpa KTP asli miliknya.

Jadi yang bisa kita lakukan adalah, check in bandara dengan sim, atau check in bandara dengan ktp sementara atau identitas lainnya yang sesuai dengan keterangan informasi pada tiket yang kita pesan.

Jadi bisa saja, check ini pesawat pakai kartu keluarga nih. Bisa dicoba dulu. Cari alternatif dan kemungkinan. Atau bahkan naik pesawat pakai buku nikah.

Nah sebenarnya sesederhana itulah kita naik pesawat, kereta, masuk ke hotel tanpa KTP. Semoga artikel ini bermanfaat. Ikuti terus bloggerkaya.com.

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pengalaman Boarding dan Check In Tanpa KTP"